TIM Dosen PKM Kimia FMIPA UNM Memperkenalkan Sifat-sifat Kimia Alam Sekitar Kepada Siswa-siswi SMKN 4 Pinrang

Memperkenalkan sifat-sifat Kimia alam Sekitar Pada Siswa-Siswi SMKN 4 Pinrang

Kimia sebagai bagian dari sains, merupakan suatu ilmu berlandaskan eksperimen yang pengembangan dan aplikasinya menuntut standar tinggi pada kerja eksperimental. Eksperimen atau praktikum kimia membantu siswa mendapatkan keterampilan-keterampilan teknis. Pelaksanaan praktikum dalam mata pelajaran kimia dapat membangkitkan rasa keingintahuan siswa terhadap kimia. siswa didorong untuk berpartisipasi aktif dan dilatih untuk mengembangkan sikap ilmiahnya dalam pelaksanaan praktikum.

Praktikum dapat memberikan pengaruh yang positif terhadap penguasaan konsep karena ada keterkaitan antara teori dan praktikum. Prinsip-prinsip yang dikemukakan dalam teori akan dikaji dalam praktikum. Demikian pula sebaliknya, pengalaman-pengalaman yang diperoleh dalam praktikum dicari dasar-dasarnya dalam teori dan prinsip-prinsip. Praktikum dapat memberikan penguatan terhadap penguasaan konsep dan teori yang disampaikan dalam pembelajaran sehingga siswa lebh memahami konsep yang diberikan. Sistem pembelajaran kimia di dalam laboratorium sangatlah berbeda dengan pembelajaran di kelas. siswa dituntut untuk lebih aktif dan kreatif menggunakan seluruh pengetahuannya agar dapat mengaplikasikan dalam kegiatan praktikum sehingga di perlukan pembaharuan-pembeharuan dalam pembelajaran

Pelatihan Pengabdian Kepada masyarakat terhadap siswa siswi SMKN 4 Pinrang mengenai Peraktikum berbasis keterampilan generik sains yang dilaksanakan di Kabupaten pinrang, merupakan bagian dari kegiatan tri darma perguruan tinggi yang wajib di laksanakan oleh setiap dosen dalam menunjang kesempurnaan tri darama perguruan tinggi terutama dalam hal Pengabdian Kepada masyarakat. Selain itu masyarakat dalam hal ini siswa-siswi SMKN 4 pinrang berhak mendapatkan mitra dari perguruan tinggi untuk menambah wawasan maupun pengetahuan dalam mengetahui proses praktikum berbasis keterampilan generik sains  sehingga dapat diaplikasikan di luar kelas.

Hasil yang di peroleh dari pengamatan langsung dan observasi terhadap peserta yang telah mengikuti kegiatan demonstrasi ini, di peroleh informasi bahwa peserta bersungguh sungguh akan menerapkan praktikum yang berbasis keterampilan generik sains ini dalam kehidupan sehari dalam mengenal lingkungan tempat tinggal mereka sehingga mereka dapat mengenal alam disekitar mereka dengan mampu membedakan sifat asam atau basa pada materi yang ada disekitar mereka dengan baik dan lebih menyenangkan sehingga siswa akan semakin termotivasi untuk belajar dan memperbaiki lingkungan sekitar, selain itu peserta dalam hal ini siswa juga berkeinginan membagi pengetahuan yang di prolehnya kepada rekan-rekan sebaya, orang tua maupun masyarakat yang ada di sekeliling mereka sehingga pengetahuan masyarakat sekitar mampu mengenal sifat asam ataupun basa pada materi yang ada di sekelililingnya sehingga mereka mampu mencega berbagai penyakit yang disebabkan oleh sifat asam atau basa yang berlerbihan dari suatu tanaman ataupun tumbuh-tumbuhan.

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini berjudul  PKM Siswa SMKN 4 INRANG (Penerapan Praktikum Berbasis Keterampilan Generik Sains (KGS), kegiatan ini diketuai oleh Dra. Hj. Sumiati Side, M.Si dan dibantu oleh Hardin, S.Si., S.Pd., M.Pd sebagai anggota, dan kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 19-21 juli 2019

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *