Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia

Topik Riset

Topik ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran kimia adalah proses merancang dan menyusun alat, materi, dan metode yang digunakan untuk mendukung proses pembelajaran kimia. Tujuan utama dari pengembangan ini adalah untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, memfasilitasi pemahaman siswa terhadap konsep-konsep kimia, dan mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar.

Pengembangan Perangkat Modul ajar dan LKPD berbasis model inovatif (PBL, PjBL, Inquiry, DL) berorientasi keterampilan Abad 21

Pengembangan perangkat modul ajar dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis model inovatif seperti Problem-Based Learning (PBL), Project-Based Learning (PjBL), Inquiry-Based Learning, dan Discovery Learning (DL) bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan mengintegrasikan keterampilan abad 21. Keterampilan ini meliputi berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi yang esensial untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan masa depan.

Pengembangan Assesmen Pembelajaran berorientasi keterampilan Abad 21

Pengembangan asesmen pembelajaran berorientasi keterampilan abad 21 adalah proses merancang dan menyusun alat evaluasi yang tidak hanya mengukur pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, tetapi juga kemampuan mereka dalam keterampilan penting yang dibutuhkan di era modern. Keterampilan ini meliputi berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi, yang semuanya esensial untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan masa depan.

Pengembangan Media Pembelajaran kimia berorientasi keterampilan Abad 21

Pengembangan media pembelajaran kimia berorientasi keterampilan abad 21 adalah proses merancang dan menciptakan alat bantu belajar yang memanfaatkan teknologi dan metode inovatif untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi. Media pembelajaran ini dirancang untuk membuat pembelajaran kimia lebih interaktif, menarik, dan relevan dengan kebutuhan masa depan.

Pengembangan strategi dan model pembelajaran kimia berorientasi keterampilan Abad 21

Pengembangan strategi dan model pembelajaran kimia berorientasi keterampilan abad 21 adalah proses merancang dan menerapkan pendekatan pembelajaran yang tidak hanya fokus pada pemahaman konsep kimia, tetapi juga pada pengembangan keterampilan penting yang dibutuhkan di era modern. Keterampilan ini meliputi berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi, yang semuanya esensial untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan masa depan.

Pengembangan Bahan ajar kimia berorientasi keterampilan Abad 21

Pengembangan bahan ajar kimia berorientasi keterampilan abad 21 adalah proses merancang dan menyusun materi pembelajaran yang tidak hanya menyampaikan konsep-konsep kimia, tetapi juga mengintegrasikan keterampilan penting yang dibutuhkan di era modern. Keterampilan ini meliputi berpikir kritis, kreativitas, kolaborasi, dan komunikasi, yang semuanya esensial untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan masa depan.