Pembelajaran Kimia Hijau dan Keberlanjutan Lingkungan

Topik Riset

Topik ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis efektivitas berbagai metode dan strategi pembelajaran dalam pengajaran kimia di tingkat sekolah menengah. Fokus utama dari riset grup ini adalah untuk mengidentifikasi metode yang paling efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep kimia dan prestasi akademik siswa.

Model dan Strategi pembelajaran kimia Hijau berbasis Lesson Study

Pembelajaran kimia hijau berbasis Lesson Study adalah pendekatan yang menggabungkan prinsip-prinsip kimia hijau dengan metode Lesson Study untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa

Problem Based Learning terintegrasi Teknologi Digital

Model Problem Based Learning (PBL) yang terintegrasi dengan teknologi digital dapat secara signifikan meningkatkan keterampilan kolaborasi dan kewirausahaan siswa. PBL adalah pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa, di mana mereka bekerja dalam kelompok untuk memecahkan masalah nyata. Integrasi teknologi digital dalam PBL dapat memperkaya pengalaman belajar dan mempersiapkan siswa untuk tantangan dunia nyata 

Peningkatan Pemahaman Konsep Kimia Dan Kepekaan Lingkungan Mahasiswa Melalui Implementasi Model Project-Based Learning (Pjbl) Berbasis Pendekatan Socio-Scientific Issue (SSI)

Meningkatkan pemahaman konsep kimia dan kepekaan lingkungan mahasiswa. Pendekatan ini menggabungkan proyek-proyek yang relevan dengan isu-isu sosial dan ilmiah yang nyata, sehingga mahasiswa dapat menghubungkan teori dengan praktik secara lebih efektif 

Efektivitas Model-model Pembelajaran dalam Meningkatkan Kesadaran Lingkungan dan Keberlanjutan Lingkungan

Model pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kesadaran lingkungan dan keberlanjutan lingkungan mencakup berbagai pendekatan. Salah satu model yang sering digunakan adalah model pembelajaran literasi lingkungan. Model ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman individu tentang isu-isu lingkungan yang kompleks dan mendorong tindakan berkelanjutan

Penerapan Augmented Reality dalam Pengajaran Kimia Hijau

Penerapan Augmented Reality dalam Pengajaran Kimia Hijau: Studi Eksperimental Evaluasi Efektivitas Simulasi Digital dalam Skala Luas untuk Pembelajaran Kimia Hijau

Pengembangan Kurikulum Kimia Hijau dalam Pendidikan Menengah Atas dan Tinggi

Pengembangan kurikulum kimia hijau di tingkat pendidikan menengah atas dan tinggi bertujuan untuk mengintegrasikan prinsip-prinsip keberlanjutan dalam pembelajaran kimia. Ini penting untuk membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi tantangan lingkungan global

Our Team

Dr. Army Auliah, M.Si.

Ketua Tim Peneliti

Drs. Muh. Jasri Djangi, M.Si.

Tim Peneliti