No. | Kode MK | Mata Kuliah (MK) | SKS | Capaian Pembelajaran Lulusan |
1 | 20A31C101 | Matematika Dasar | 2 | Mahasiswa diharapkan mampu memahami, menjelaskan dan mengaplikasikan mengenai materi sistem bilangan Real, limit dan kekontinuan fungsi, turunan serta aplikasi turunan |
2 | 20A31C102 | Fisika Dasar | 3 | Mahasiswa diharapkan mampu menguasai pengetahuan dasar mekanika, panas, gelombang, bunyi, optika dan listrik serta dapat mengembangkan dan mengaplikasikannya untuk mempelajari pengetahuan fisika yang lebih tinggi, serta dapat memahami segala fenomena fisika dari gejala alam sekitar |
3 | 20A31C103 | Kimia Dasar | 3 | Mahasiswa diharapkan dapat memiliki pengetahuan tentang dasar-dasar kimia sebagai dasar untuk memahami kimia lebih lanjut dan proses-proses kimia yang terjadi di lingkungan maupun di laboratorium |
4 | 20A31C104 | Biologi Dasar | 3 | Mahasiswa diharapkan dapat memiliki pengetahuan tentang biologi sebagai ilmu, pengetahuan ilmiah, teori asal usul mahkluk hidup, metode ilmiah dan ciri-ciri makhluk hidup, sel, organisasi tubuh hewan, organisasi tubuh tumbuhan, repruduksi pada makhluk hidup, metabolisme, pewarisan sifat, evolusi, bioteknologi dan interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya |
5 | 20A31C105 | Pendidikan Lingkungan Hidup | 2 | Mahasiswa diharapkan mampu memahami lingkungan fisik, kimia, biologi dan lingkungan sosial serta menyadari keteratiran dan dampak akibat ketidakteraturan lingkungan terhadap kehidupan manusia |
6 | 20A31C106 | Statistika Dasar | 2 | Mahasiswa diharapkan mampu menguasai prinsip dan cara berpikir tentang statistika deskriptif dan statistika inferensial |
7 | 20A31C107 | Bahasa Inggris Kimia | 3 | Mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan jumlah perbendaharaan kata dan istilah kimia dalam bahasa inggris, kemampuan membaca dan memahami suatu konsep, prinsip, hukum dan sebagainya, dalam kaitannya dengan suatu pokok bahasan dalam matakuliah, dan memahami hukum-hukum dalam kimia teori, ringkasan dan jurnal kimia untuk mencapai tujuan akhir pembelajaran |
8 | 20X00C007 | Pendidikan Pancasila | 2 | Mahasiswa diharapkan mampu memahami, menjelaskan dan mengaplikasikan arti dasar hukum dan tujuan pendidikan pancasila di perguruan tinggi dan mengaktualisasi nilai-nilai pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara |
9 | 20X00C011 | Pengantar Pendidikan | 2 | Mahasiswa diharapkan mampu memahami, menganalisis, menerapkan dan menarik kesimpulan hasil belajar yang diperoleh pada materi pengantar pendidikan |
Jumlah Beban Studi Semester 1 | 22 |
No. | Kode MK | Mata Kuliah (MK) | SKS | Capaian Pembelajaran Lulusan |
1 | 20X00C001 | Pendidikan Agama Islam | 2 | Mahasiswa diharapkan mampu menelusuri landasan filosofis dan teologis pendidikan agama Islam di perguruan tinggi, mengintegrasikan iman, islam, dan ihsan dalam membentuk insan kamil dan membangun Paradigma Qur’ani untuk kehidupan modern |
20X00C002
|
Pendidikan Agama Protestan | |||
20X00C003 | Pendidikan Agama Katholik | |||
20X00C004 | Pendidikan Agama Hindu | |||
20X00C005 | Pendidikan Agama Budha | |||
20X00C006 | Pendidikan Agama Konghucu |
|
||
2 | 20X00C008 | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | Mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan analisis, berfikir rasional, bersikap kritis dalam menghadapi persoalan-persoalan dalam kehidupan bermasyarakat, memiliki kemampuan dan tanggung jawab intelektual dalam mengenali masalah- masalah dan memberi solusi berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan dapat mengimplementasikan dan melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam realitas kehidupan |
3 | 20X00C009 | Bahasa Indonesia | 2 | Mahasiswa diharapkan mampu menguasai keterampilan berbahasa Indonesia, jenis dan karakteristik karya ilmiah ragam bahasa ilmu teknik presentasi karya tulis ilmiah |
4 | 20A31C201 | Kimia Dasar Lanjut | 3 | Mahasiswa diharapkan dapat memiliki pengetahuan tentang dasar-dasar kimia sebagai dasar untuk memahami kimia lebih lanjut dan proses-proses kimia yang terjadi di lingkungan maupun di laboratorium |
5 | 20A31C202 | Pengelolaan Laboratorium Kimia | 2 | Mahasiswa diharapkan dapat memahami betapa pentingnya pengetahuan mengenai keselamatan kerja di laboratorium, pertolongan pertama pada kecelakaan, teknik administrasi laboratorium, peranan laboran, pembuatan larutan, dan cara penggunaan peralatan laboratorium dengan benar dan tepat, melakukan desain laboratorium dan merencanakan kegiatan-kegiatan yang akan berlangsung |
6 | 20A31C203 | Kimia Organik I | 3 | Mahasiswa diharapkan dapat memahami konsep dasar kimia organik, pembentukan dan klasifikasi ikatan kimia, penggolongan senyawa organik berdasarkan gugus fungsionalnya, sifat dan refraksi sederhana senyawa organik |
7 | 20A31C204 | Praktikum Kimia Organik I | 2 | mahasiswa mampu melakukan teknik-teknik dasar laboratorium kimia organik dan mampu menerapkan konsep-konsep dasar kimia organic |
8 | 20A31C205 | Kimia Matematika | 2 | Mahasiswa memahami konsep satuan, konversi satuan, dan penerapannya dalam perhitungan kimia. |
9 | 20A31C206 | Kimia Anorganik I | 2 | Mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan kemampuan mengenali dan menentukan struktur atom dan struktur molekul (bentuk geometri), asam basa, reaksi redoks dan non redoks, dan sistem periodik unsur, ekstraksi dan sifat persenyawaan dan pemanfaatan senyawa unsur-unsur non logam |
10 | 20X00C012 | Perkembangan Peserta Didik | 2 | Mahasiswa diharapkan mampu memahami konsep perkembangan pesera didik |
Jumlah Beban Studi Semester 2 | 22 |
No. | Kode MK | Mata Kuliah (MK) | Jumlah | CPL |
1 | 20A31C301 | Kimia Analitik I | 2 | Mahasiswa mampu memahami konsep ruang lingkup kimia analisis, tahapan analisis, dan dasar-dasar metode analisis kimia terutama secara konvensional |
2 | 20A31C302 | Praktikum Kimia Analitik I | 1 | Mahasiswa mampu memahami konsep dasar dalam metode analisis kimia di laboratorium |
3 | 20A31C303 | Kimia Fisik I | 3 | Mahasiswa mampu memahami konsep dasar sifat materi dari segi makroskopik dan mikroskopik, hukum-hukum termodinamika dan mampu menerapkan hukum-hukum pada berbagai sistem kimia |
4 | 20A31C304 | Praktikum Kimia Fisik I | 1 | Mahasiswa mampu memahami penentuan kalor reaksi, dan menggambarkan sistem biner, terner dan koefisiein distribusi dan menentukan tetapan kesetimbangan, menghitung Entalpi pembentukan, Energi bebas Gibbs dan bobot molekul naftalena |
5 | 20A31C305 | Ikatan Kimia | 2 | Mahasiswa mampu memahami dan mendeskripsikan konsep ikatan pada berbagai macam senyawa atau zat dan pengaruhnya terhadap sifat-sifat senyawa atau zat, baik sifat fisika mapun kimianya |
6 | 20A31C306 | Filsafat Sains | 2 | Mahasiswa diharapkan mampu memahami tentang filsafat dan ilmu serta landasan pengembangan ilmu, cabang-cabang filsafat dan pemikiran-pemikiran para filsuf, objek dan metode filsafat ilmu, etika dan tanggung jawab keilmuan
|
7 | 20A31C307 | Dasar-Dasar Pendidikan MIPA | 2 | Mahasiswa diharapkan akan memahami konsep dasar yang berkaitan Teori Belajar, implementasi teori tersebut, serta konsep-konsep Sains dan keterkaitannya dengan Teknologi dan Masyarakat |
8 | 20A31C308 | PLP I | 2 | Mahasiswa diharapkan dapat melakukan observasi lapangan di sekolah dan membuat laporan tentang tata kelola, kegiatan intra dan ekstrakurikuler serta best practice yang dilakukan di sekolah tersebut. |
9 | 20A31C309 | Kimia Anorganik II | 2 | Mahasiswa mampu mengembangkan kemampuan mengenali dan menentukan struktur Kristal, ikatan kimia, sumber dan prinsip ekstraksi, kecenderungan, persenyawaan dan pemanfaatan senyawa logam-logam golongan utama dan transisi |
10 | 20A31C310 | Strategi & Metode Pembelajaran Kimia | 3 | Mahasiswa diharapkan dapat memahami hakekat strategi pembelajaran kimia dan dapat mengaplikasikan dalam pembelajaran di kelas |
11 | 20X00C013 | Belajar dan Pembelajaran | 2 | Mahasiswa diharapkan mampu memahami, menganalisis, menerapkan dan menarik kesimpulan hasil belajar yang diperoleh pada materi belajar dan pembelajaran |
12 | 20X00C014 | Profesi Keguruan | 2 | Mahasiswa dapat memahami kompetensi yang harus dimiliki oleh guru sebagai profesi dalam bidang kependidikan |
Jumlah Beban Studi Semester 3 | 24 |
No. | Kode MK | Mata Kuliah (MK) | Jumlah | CPL | |
1 | 20A31C401 | Praktikum Kimia Anorganik | 2 | Mahasiswa dapat memahami sifat aluminium dan persenyawaannya, mampu mensintesis natrium tiosulfat, mensintesis kalium nitrat dan natrium klorida, menjelaskan proses fotokimia reduksi ion besi(III), dan mampu mensintesis beberapa senyawa kompleks | |
2 | 20A31C402 | Kimia Organik II | 3 |
|
3 | 20A31C403 | Praktikum Kimia Organik II | 2 | Mahasiswa diharapkan dapat memahami pembuatan iodoform dan asetanilida, reaksi karbohidrat, asam amino dan protein, serta cara ekstraksi kafein, isolasi piperin dan sifat kimia piperin serta analisisnya sebagai dasar untuk mampu mengeksplorasi dan mengembangkan ipteks di bidang kimia | |
4 | 20A31C404 | Kimia Anorganik Fisik | 2 |
|
5 | 20A31C405 | Reviu Kurikulum Kimia | 3 | Mahasiswa diharapkan dapat memiliki pengetahuan tentang cara meninjau (merevew) Kurikulum Kimia SMA, Fakta dan Konsep, Peta Konsep, Tinjauan Buku Kimia SMA KLS X , KLS XI dan KLS XII, Meninjau Silabus Kimia SMA KLS X, KLS XI dan KLS XII |
6 | 20A31C406 | Assesmen Pembelajaran Kimia | 3 | Mahasiswa diharapkan mampu merancang kisi-kisi dan instrumen tes. Melakukan ujicoba lapangan, menga-nalisis dan mengambil kesimpulan hasil evaluasi belajar kimia |
7 | 20A31C407 | Pembelajaran Micro | 3 | Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan kompetensi dalam memahami, menjelaskan, menganalisis dan mengaplikasikan konsep dan prinsip pembelajaran |
8 | 20A31C408 | Seminar Pendidikan Kimia *) | 2 | Mahasiswa diharapkan dapat Menelusuri, mencari dan mensistematikan informasi mengenai suatu topik kimia dan permasalahannya yang meliputi bahan pembelajaran, proses pembelajaran, pendekatan/ strategi/ metode/model pembelajaran, media dan evaluasi hasil belajar, yang ditulis dalam bentuk makalah serta disajikan secara lisan |
9 | 20A31C409 | Simulasi Pembelajaran Kimia | 2 | Mahasiswa dapat memahami penentuan strategi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik materi kimia |
10 | 20X00C010 | Kewirausahaan | 2 | Mahasiswa diharapkan dapat memiliki jiwa entrepreneurship, memahami dan menganalisis karakter wirausaha, rencana bisnis, produksi dan teknologi, branding, pemasaran, manajemen keuangan dan SDM |
Jumlah Beban Studi Semester 4 | 24 |
No. | Kode MK | Mata Kuliah (MK) | Jumlah | CPL |
1 | 20A31C501 | Metode Penelitian Pendidikan Kimia | 3 | Mahasiswa diharapkan dapat memahami hakekat penelitian, jenis-jenis penelitian, pengajuan masalah penelitian, kajian penelitian, populasi dan dan sampel penelitian, mendesain penelitian, |
2 | 20A31C502 | Perencanaan Pembelajaran Kimia | 3 | Mahasiswa terampil melakukan analisis kurikulum serta merancang/membuat perencanaan pembelajaran kimia yang menjadi salah satu tugas utama seorang guru kimia sekolah |
3 | 20A31C503 | Kimia Analitik II | 3 | Mahasiswa mampu konsep pemisahan kimia, sifat dan Teknik pemisahan serta keguanaan dalam analisis kimia, penerapan pemisahan kimia, metodik dan fisis dalam analisis |
4 | 20A31C504 | Praktikum Kimia Analitik II | 1 | Mahasiswa diharapkan mampu melaksanakan pemisahan suatu sampel dengan berbagai metode pemisahan berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia dari dari suatu campuran untuk memperoleh sampel yang lebih murni atau secara preparative |
5 | 20A31C505 | Kimia Fisik II | 3 | Mahasiswa diharapkan mampu memahami, menjelaskan dan mengaplikasikan mengenai materi teori kinetika gas, kinetika kimia, kinetika dalam fasa cair, fotokimia, kesetimbangan elektrolit, proses tak reversible dalam larutan |
6 | 20A31C506 | Praktikum Kimia Fisik II | 1 | Mahasiswa mampu memahami, menghitung dan menentukan kalor reaksi, ystem biner, terner dan koefisiein distribusi, tetapan kesetimbangan entalpi pembentukan, Energi bebas Gibbs dan bobot molekul naftalena |
7 | 20A31C507 | Kimia Inti dan Radiokimia | 2 | Mahasiswa diharapkan dapat menguraikan dan menganalisis prinsip-prinsip Radiokimia yang meliputi Kimia Nuklir, Kimia Radiotracer, dan Kimia dan Transformasi Inti. Inovasi pembelajaran yang diharapkan adalah bahwa selain mahasiswa dapat menguraikan dan menganalisis, lebih dari itu mahasiswa dapat memahami dan secara mandiri atau berkelompok tertarik untuk menerapkan prinsip-prinsip radiokimia untuk menyelesaikan permasalahan atau persoalan di beberapa bidang yang berkaitan dengan radiokimia |
8 | 20A31C508 | Kimia Pangan | 3 | Mahasiswa memahami perubahan sifat fisika kimia bahan pangan nabati dan hewani, reaksi yang terjadi dan perubahan nilai gizi, cita rasa, akseptabilitas serta harga produk bahan pangan |
9 | 20A31C509 | Kajian Kurikulum Kimia SMK | 2 | Mahasiswa mampu mengkaji berbagai kurikulum kimia di SMK |
Jumlah Beban Studi Semester 5 | 21 |
1 | 20A31C601 | Kimia Organik III | 2 | Mahasiswa diharapkan memahami konsep dasar yang berkaitan dengan mekanisme reaksi senyawa industri, mengenali jenis dan tipe-tipe reaksi senyawa industri dan mekanisme reaksinya, serta membedakan, mengklarifikasi dan mengelompokkan jenis dan sifat reaksi senywa organik | |
2 | 20A31C602 | Biokimia | 3 | Mahasiswa diharapkan mampu memahami tentang substansi dan proses biokimia yang ada pada makhluk hidup, struktur dan metabolisme karbohidrat, protein, dan lipid, tata nama dan kinetika enzim, biosintesis asam lemak, dan dasar-dasar rekayasa genetika | |
3 | 20A31C603 | Praktikum Biokimia | 2 | Mahasiswa diharapkan dapat memahami proses fermentasi, tes/uji kualitatif pada: saliva, empedu, darah, urin dan metode penentuan kadar vitamin C | |
4 | 20A31C604 | Kimia Analisis Instrumen | 2 | Mahasiswa memahami konsep dan aplikasi berbagai instrument kimia yaitu Uv-Vis, IR, NMR, Fotometri Nyala & AAS, Spektroskopi Massa, Potensiometri, Polarografi, Konduktometri,Koulometri, Kromatografi Gas dan HPLC | |
5 | 20A31C605 | Praktikum Kimia Analisis Instrumen | 1 | Mahasiswa diharapkan dapat menerapkan metode instrumentasi kimia sesuai kondisi dan permasalahan yang diberikan dengan metode spektroskopi dan kromatografi. Memahami galat pada pengukuran, kalibrasi alat-alat ukur, serta mempelajari pengolahan data dan penulisan laporan hasil analisis | |
6 | 20A31C606 | Kimia Lingkungan | 2 | Mahasiswa diharapkan dapat memahami dan menjelaskan konsep dan proses bahan Kimia dalam lingkungan, zat aditif, air bersih dan toksikologi | |
7 | 20A31C607 | Kimia Industri | 2 |
|
8 | 20A31C608 | Mikrobiologi Industri | 2 | Mahasiswa dapat menjelaskan perkembangan mikrobiologi, jenis-jenis mikroba, pertumbuhan mikroba, pemanfaatan mikroba dalam industri, dan produk teknologi fermentasi dan perubahan biokimia, serta terampil mengisolasi mikroba dari tanah |
9 | 20A31C609 | Pembelajaran Hibrid | 2 | |
10 | 20A31C610 | Pengembangan Media dan Bahan Ajar | 2 | Mahasiswa mampu mengenal media pembelajaran, informasi dan teknologi serta berbagai aplikasi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran |
Jumlah Beban Studi Semester 6 | 20 |
No. | Kode MK | Mata Kuliah (MK) | Jumlah | CPL |
1 | 20A31C701 | PLP II *) | 2 | |
2 | 20A31C702 | KKN *) | 4 | |
3 | 20A31C703 | Pengantar Bioteknologi | 2 | Mahasiswa dapat memahami kontribusi bioteknologi dalam mengatasi masalah di berbagai bidang dalam kehidupan sehari-hari |
4 | 20A31C704 | Kimia Farmasi | 2 | Mahasiswa diharapkan dapat memahami betapa pentingnya pengetahuan mengenai pengertian obat, aksi obat, farmakologi obat, farmakokinetik dan farmakodinamik obat. Dan penggunaan obat Tradisional dan cara perhitungan dosis obat |
5 | 20A31C705 | Kimia Organik Bahan Alam | 2 | Mahasiswa diharapkan dapat memahami senyawa golongan terpenoid, steroid, fenilpropanoid, poliketida, flavanoid, stilben, alkaloid, ruang lingkup tumbuhan tingkat tinggi, isolasi dan identifikasi senyawa kimia metabolit sekunder, klasifikasi, struktur, sifat, asal-usul biogenesis, biosintesis, keterampilan, rancangan dan teknik isolasi senyawa metabolit sekunder |
6 | 20A31C706 | Statistika Pendidikan | 2 | Mahasiswa diharapkan dapat memiliki pengetahuan tentang dasar-dasar statistika pendidikan sebagai acuan dalam mengumpulkan, mengolah, dan menyajikan data penelitian pendidikan |
7 | 20A31C707 | Kimia Polimer | 2 | Mahasiswa diharapkan dapat memahami dalam mengaplikasikan konsep-konep kimia dalam bahan polimer yang meliputi aspek termodinamika, kinetika dan struktur |
8 | 20A31C708 | Kewirausahaan Berbasis Kimia | 2 | Mahasiswa diharapkan dapat memiliki jiwa entrepreneurship, memahami dan menganalisis karakter wirausaha di bidang ilmu kimia |
9 | 20A31C709 | Pengelolaan Limbah | 2 | Mahasiswa diharapkan dapat memahami dalam mengaplikasikan konsep-konep kimia dalam pengelolaan limbah untuk dapat diaplikasikann untuk lingkungan |
Jumlah Beban Studi Semester 7 | 20 |
No. | Kode MK | Mata Kuliah (MK) | Jumlah | CPL |
1 | 20A31C801 | Skripsi *) | 6 | |
Jumlah Beban Studi Semester 8 | 6 |